Info Lengkap Tentang Budidaya Ikan Sidat Indonesia

20140401

Cara Membuat Kolam Sidat

Halali Sahri No comments
Selama ini kita mengenal kolam konvensional untuk ikan atau udang, pada dasarnya semua kolam untuk ikan hampir sama saja perbedaannya hanya diperlakuan akan kolam tersebut. Sebelum kita membuat kolam kita harus mengerti karakter dan sifat ikan sidat.  Ikan sidat mempunyai karakter karnivora murni dan butuh oksigen tinggi, senang dengan tempat gelap dan merupakan ikan nocturnal.

Dari berbagai sifat dan karakter ikan sidat tersebut kita harus bisa menyiapkan kolam minimal mendekati habitat aslinya, idealnya agar ikan sidat betah untuk ukuran kolam per meter persegi maksimal 2kg ikan sidat, misalnya ukuran kolam adalah 4m x 5m maka luas kolam adalah 20m3 jadi dibutuhkan maksimal benih 40kg untuk ukuran per kg isi100ekor atau 50ekor atau bisa juga untuk 10-20ekor dengan tinggi air max 70cm

Sebelum membangun kolam sidat kita mesti perhatikan hal-hal yang berpengaruh sekali dikolam yaitu suhu, Ph, oksigen terlarut dan intensitas cahaya. kita berhitung untuk intensitas cahaya matahari langsung atau tak langsung, indoor atau outdoor, ini akan sangat mempengaruhi suhu air dalam kolam. mempengaruhi pertumbuhan lumut dan sejenisnya.

Setelah ditentukan dibangun di indoor atau outdoor baru kita hitung untuk Ph dan oksigen terlarut, untuk selalu dalam Ph ideal bisa kita pasang filter kolam, selain untuk menyeimbangkan Ph filter juga berfungsi untuk sirkulasi air dan membersihkan air sehingga air selalu dalam kondisi yang disukai oleh ikan sidat.

Sedangkan oksigen terlarut kita bisa menggunakan blower atau juga kincir air, tergantung luas kolam dan ikan sidat yang ditebar dalam kolam tersebut. Semua vaiabel diatas sangat dibutuhkan kan sidat agar betah hidup dikolam dan bisa tumbuh dengan maksimal. 

Tanaman hydrophonik bisa juga digunakan untuk kolam outdoor sedangkan untuk kolam indoor bisa menggunakan paralon untuk bersembunyi sidat.

0 comments:

Posting Komentar

Entries RSS Comments RSS

Copyright © Info Sidat Bagus
Powered by Blogger
Design by N.Design Studio
Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com