Info Lengkap Tentang Budidaya Ikan Sidat Indonesia

20150628

Budidaya Ikan Sidat Dengan Kolam Terpal Menguntungkan

Halali Sahri No comments
Ikan sidat, mungkin belum banyak yang mengenal jenis ikan ini. Ikan sidat ini merupakan adalah salah satu komoditas perikanan yang paling banyak di cari di Jepang. Ikan sidat di Jepang disebut unagi atau udanon. Biasanya dalam anime digambarkan sebagai ikan raksasa. Namun faktanya Jepang sendiri tidak mampu memenuhi kebutuhan ikan sidat untuk negaranya karena hanya mampu memproduksi sekitar 30% saja. Untuk 70% kebutuhan ikan sidat mereka mendatangkan dari negara-negara lain seperti slaah satunya Indonesia.

budidaya ikan sidat menguntungkan

Saat ini telah banyak pengusaha yang mencoba peruntungan di bisnis budidaya ikan sidat dengan menggunakan media kolam terpal. Permintaan ikan sidat yang cukup tinggi membuat harga ikan sidat di Indonesia mengalami kelonjakan. Tentu saja memberikan prospek cerah bagi para petani Indonesia karena budidaya ikan sidat ini bisa dilakukan di kolam tawar atau menggunakan media terpal layaknya budidaya ikan lele.

Benar saja, bagi anda yang tertarik untuk memulai budidaya ikan sidat ini anda bisa memulainya dengan membuat kolam terpal. Dengan kolam terpal anda bisa menghemat penggunaan lahan sehingga dengan lahan yang kecil anda tetap bisda memaksimalkan hasil budidaya ikan sidat ini. Berikut ini adalah spesifikasi minimal yang bisa anda terapkan dalam membuat kolam terpal untuk budidaya ikan sidat:

  1. Ukuran kolam terpal 2 x 7 x 0.7
  2. Air dengan kedalaman 40cm
  3. Menggunakan mesin pompa air kolam utuk membuat air mengalir
  4. Menambahkan oksigen dengan pompa udara 12 lubang


Adapun pakan dari ikan sidat ini adalah:

  1. Pelet ukuran 1 ml dengan protein + 40% dengan harga Rp. 18.000/kg.
  2. Udang hidup
  3. Kepiting Hidup
  4. Cacing Tanah
Jika anda ingin mengincar kualitas ekspor ke luar negeri seperti taiwan atau Jepang maka anda memerlukan waktu budidaya lebih kurang selama 2 tahun. Namun untuk pasar dalam negeri bisa langsung dipanen dalam jangka waktu budidaya selama 1 tahun atau dengan ukuran 1,5 hingga 2 kg.

Dengan harga yang sangat tinggi tentu tidak heran jika perawatan budidaya ikan sidat ini memerlukan biaya yang cukup tinggi. Untuk pasar lokal sendiir 1 kg ikan sidat ini dihargai hingga 1.7 juta rupiah. Sedangkan untuk ikan sidat dengan kualitas pasar luar negeri bisa mencapai harga 70 juta rupiah.

Untuk bibit sendiri hingga saat ini belum ada tekhnologi yang mampu mengembangbiakan ikan sidat, sehingga harus menunggu proses alami dari ikan sidat itu sendiri. Biasanya bibit ikan sidat ini dapat diperoleh dari agen ikan sidat dengan harga 500 hingga 1000 rupiah per ekor atau Rp. 350.000 per kg dengan isi bibit 30-40 ekor (30gr/ekor).

Bagaimana tertarik menekuni bisnis budidaya ikan sidat ini?

Incoming search terms:

src http://www.matapencaharian.com/budidaya-ikan-sidat-dengan-kolam-terpal-menguntungkan.html

0 comments:

Posting Komentar

Entries RSS Comments RSS

Copyright © Info Sidat Bagus
Powered by Blogger
Design by N.Design Studio
Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com